Sabtu, 14 Februari 2009

Soto Banjar


Soto Banjar Favorit
Setiap daerah memiliki kekhasan tersendiri, baik itu dari objek wisata, budaya local maupun kuliner.Menyinggung mengenai kuliner tentu ada beragam masakan yang tersaji. Kalau di daerah lain ada bermacam-macam soto dengan cita rasa khas seperti Soto Lamongan, Soto Madura, Soto Surabaya, Coto Makasar dan yang lainnya. Maka di Banjarmasin ada juga yang namanya Soto Banjar, bagi urang banjar tentu masakan itu mungkin tak asing lagi. Bahkan jadi primadona wisata penikmat kuliner baik bagi orang daerah maupun luar daerah. Rugi rasanya kalau tidak pernah mencicipi masakan yang satu ini.

Tak sembarang orang bisa membikin soto banjar yang maknyus (kata Pak Bondan), sehingga tak sembarang warung yang menjadi favorit masyarakat di Banjarmasin. Baru-baru ini diadakan polling di Banjarmasin untuk menentukan warung yang menyajikan Soto Banjar pilihan penikmat kuliner. Acara ini merupakan prakarsa dari pemkot, bank local dan harian local. Dan masyarakat lah yang akan memilih.
Lepas terkait acara tersebut, saya punya criteria sendiri mengenai warung makan soto banjar favorit.

Ada criteria 3M yakni murah, murah, dan murah (enggak juga). Tiga criteria yang dimaksud adalah yang penting masakan itu memang harus benar enak,murah, dan higienis. Yang dimaksud dengan criteria enak tentunya tergantung selera lidah masing-masing, contohnya ada orang suka masakan yang asin, menurutnya itu enak. Dikatakan murah juga tergantung isi kantong, sedangkan higienes meliputi cara penyajian, tempat, dan kebersihan si penyaji.
Bagaimana menurut pendapat anda mengenai criteria masakan favorit itu?.(azl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar